3 Bacaan Yang Dapat Membantu Khusyuk Saat Shalat

3 Bacaan Yang Dapat Membantu Khusyuk Saat Shalat

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillah, sebagai umat Muslim kita semua menginginkan salat yang khusyuk dan ibadah yang lezat. Namun, tidak semua orang bisa merasakan kenikmatan tersebut. Banyak orang yang merasa sulit untuk fokus dan tersentuh dalam salat karena bisikan setan yang menggoda hati manusia.

Kalian tahu nggak kalau ada makhluk halus yang selalu bersembunyi dalam hati manusia? Mereka ini disebut dengan mulham atau sihannas oleh para ulama. Tugas mereka? Ya, membisikkan dan menggoda manusia untuk menjauhkan dari konsentrasi dalam beribadah, terutama saat salat.

Tapi, jangan khawatir. Para ulama sudah membekali kita dengan berbagai kiat untuk mengusir makhluk halus ini. Jadi, kita bisa menikmati kelezatan dalam beribadah dan memperoleh khusyuk saat menjalankan sholat fardhu atau pun salat sunnah.

Nah, sahabat-sahabat, bagi kamu yang ingin mendapatkan khusyuk dalam beribadah salat, ada beberapa bacaan yang dapat kamu baca sebelum Takbiratul Ihram. Dalam Kitab Wiridan, terdapat tiga bacaan Agung yang sangat berkah dan memberikan energi positif sebelum kamu beribadah. BlognyaTasriadi akan memaparkanya untuk anda.

3 Bacaan Sebelum Shalat Yang Dapat Membantu Khusyuk Saat Shalat

Sumber Gambar Dari : TazkirulQulub
Pilihlah salah satu dari tiga bacaan ini dan bacalah setiap kali kamu hendak melakukan salat. Dengan bacaan ini, Insya Allah, Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan melindungi kamu dari bisikan-bisikan setan yang mengganggu khusyukmu dalam beribadah. 

Saya sarankan kamu memilih salah satu bacaan yang paling cocok dengan jiwa dan hatimu, lalu bacalah dengan khusyuk dan keyakinan sebelum melakukan salat. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih fokus dan dalam dalam beribadah, insya Allah.

1. Ta'awudz

اَعُوْذُ بِاللّٰهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Lafal: "A'uudzu billaahis samii'il 'Aliimi minasy syaithaanir rajiim"
Artinya : "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari setan yang terkutuk."

Saudaraku, apakah kamu pernah merasa tidak fokus saat melakukan salat? Jangan khawatir, ada cara untuk membuat diri kita lebih tenang dan fokus saat beribadah. Apa itu? Yaitu dengan membaca Ta'awudz sebelum melakukan Takbiratul Ihram.

Ta'awudz adalah sebuah bacaan yang dibaca tiga kali sebagai bentuk perlindungan dari godaan setan yang terkutuk. Bacaan ini sangat efektif karena meminta pertolongan kepada Allah yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Dengan membaca Ta'awudz ini, kita akan merasa lebih tenang dan fokus saat melakukan salat.

Baik itu salat fardhu ataupun salat Sunnah, sebaiknya diawali dengan membaca Ta'awudz ini tiga kali, yaitu "A'uudzu billaahis samii'il 'Aliimi minasy syaithaanir rajiim". Insyaallah, kita akan merasa lebih khusyuk dan terfokus saat melakukan ibadah. Jangan lupa untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan, karena kita tidak tahu kapan setan akan berusaha mengganggu ibadah kita.

2. Surat An-Nas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ (١) مَلِكِ النَّاسِۙ (٢) اِلٰهِ النَّاسِۙ (٣) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ (٤) الَّذِيْيُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ (٥) مِنَ 
الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (٦)

Lafal : "Qul a’uudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas. Minal jinnati wan naas."

Artinya : "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. Dari (golongan) jin dan manusia."

Wahai saudaraku yang beriman, ada satu hal yang sangat penting sebelum kita melakukan Takbiratul Ihram dalam shalat kita. Apa itu? Bacaan surat an-nas, Ini adalah bacaan yang sangat penting dan bisa kita baca satu kali atau tiga kali sebelum melakukan Takbiratul Ihram.

Dengan membaca surat an-nas ini, Insya Allah kita akan merasa lebih khusyuk dan fokus dalam shalat kita. Jangan lupa, setiap kali kita akan melakukan Takbiratul Ihram, selalu bacalah surat an-nas ini dengan penuh kerendahan hati dan keyakinan. Ini adalah rahasia untuk meraih kekhusyuan dalam shalat kita.

Jangan biarkan diri kita terlena dan lupa dengan hal-hal kecil seperti ini. Bacaan surat an-nas ini sangatlah penting dan memiliki makna yang dalam bagi kehidupan kita sebagai seorang Muslim. Marilah kita membaca surat an-nas ini dengan penuh cinta dan takzim. Insya Allah, dengan begitu shalat kita akan menjadi lebih indah dan penuh makna.

3. Surat Al-Mu'minun ayat 97

رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَٰتِ ٱلشَّيَٰطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ

Lafal : "Rabbi a'ụżu bika min hamazātisy-syayāṭīn wa a'ụżu bika rabbi an yaḥḍurụn"
Artinya : "Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku"

Bacaan apa lagi yang dapat melindungi kita dari bisikan setan saat melakukan salat? terdapat di dalam surat Al-Mu'minun ayat 97, memiliki bunyi yang indah dan mempesona. Yang artinya "Wahai Tuhanku, ku berlindung kepada Engkau dari bisikan setan dan aku berlindung pula kepada Engkau Wahai Tuhanku dari kedatangan mereka kepadaku."

Kita dapat membaca ayat ini sebanyak satu atau tiga kali sebelum melakukan Takbiratul Ihram dalam setiap salat, baik itu sholat fardhu maupun salat sunnah.

Kesimpulan

Ini adalah tiga bacaan yang sangat terkenal dan disampaikan oleh guru-guru kita. Kita dapat memilih salah satu dari tiga bacaan ini setiap kali kita mengerjakan salat. Dengan membaca salah satu dari tiga bacaan ini sekurang-kurangnya satu kali, dan jika mampu bahkan hingga tiga kali, Insya Allah Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan melindungi kita dari bisikan setan yang terkutuk. Sehingga kita akan merasakan nikmat yang sangat besar saat mengerjakan salat.

Semoga bacaan ini bermanfaat bagi semua sahabat. Wassalam.
3 Bacaan Yang Dapat Membantu Khusyuk Saat Shalat
3 Bacaan Yang Dapat Membantu Khusyuk Saat Shalat

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Tedbree Logo
Tasriadi Hanya Melayani Via Chat
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Kirim