5 Makhluk Mitologi Yang Berasal Dari Al Quran Dan Hadist

5 Makhluk Mitologi Yang Berasal Dari Al Quran Dan Hadist

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat datang di blognya tasriadi yang penuh dengan petualangan dan misteri. Saya yakin kisah-kisah yang akan saya sajikan ini akan membawa Anda ke dalam dunia yang menakjubkan dan bisa memberikan manfaat kepada diri kita semua.
Sumber Gambar Dari : PEGAWAIMUSLIM
Ada sebuah dunia yang mungkin sangat tidak dikenal oleh banyak orang. Ini adalah dunia makhluk mitologi, makhluk legenda, atau makhluk fantastis. Mereka adalah makhluk yang diceritakan dalam kisah-kisah mitologi, legenda, dan fabel. Mereka memiliki bentuk yang sangat fantastis dan kemampuan yang sangat luar biasa. Bagi mereka yang tidak percaya, makhluk mitologi bisa dikatakan sebagai makhluk imajiner atau makhluk khayalan.

Makhluk Mitologi Yang Berasal Dari Al Quran Dan Hadist

Namun, saya tahu bahwa ada beberapa makhluk mitologi yang disebutkan dalam Alquran dan hadis. Berikut ini adalah beberapa makhluk yang pernah disebutkan dalam kitab suci kita, yang pasti akan membuat Anda terkagum-kagum.

1. Azazil

Source Of Youtube : CulapCulip
Hai teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang sejarah sang iblis, Azazil. Siapa yang tak kenal dengan iblis yang memimpin bangsa jin dan dikenal sebagai Bapak Segala Pendusta? Ternyata, sebelum menjadi iblis yang dikenal saat ini, Azazil pernah menjadi salah satu makhluk paling dihormati dan disegani.

Menurut syariat Islam, Azazil pernah menjadi imam dari para malaikat dan memimpin bendaharawan surga selama puluhan ribu tahun. Ia memiliki wajah rupawan dan empat sayap, sehingga ia menjadi salah satu makhluk paling dihormati. Namun, semua itu berubah ketika ia membangkang perintah Allah dan menolak untuk sujud kepada Nabi Adam.

Karena perbuatannya itu, Allah memanggilnya dengan sebutan Iblis dan mengubah wajahnya menjadi buruk rupa. Wajahnya seperti kepala babi hutan, dadanya menonjol seperti daging, dan matanya terbelah. Tak hanya itu, hidungnya seperti ketel tukang bekam, bibirnya seperti bibir lembu, dan taringnya seperti taring babi hutan.

Dalam literatur agama samawi, Azazil dikenal sebagai Lucifer atau Vallen, yaitu malaikat yang jatuh dari surga karena menentang Tuhan. Ia dijuluki sebagai Bintang Timur pembawa Cahya dan Putra Fajar yang terjatuh ke bumi. Azazil memegang pangkat tertinggi sebagai Satan atau rajanya raja iblis.

Itulah sedikit sejarah mengenai Azazil, iblis yang memimpin bangsa jin dan dikenal sebagai Bapak Segala Pendusta. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru bagi kita semua.

2. Burok

Source Of Youtube : JalanSutra
Hai sahabat, pernahkah kalian mendengar tentang Burok? Burok adalah makhluk ajaib yang digunakan oleh Nabi Muhammad saat perjalanan kesurga. Ya, saat Nabi Muhammad melakukan Mi'raj, ia ditemani oleh malaikat Jibril dan dibawa oleh Burok. Burok adalah makhluk yang memiliki sayap dan telinga panjang, dengan wajah yang rupawan dan badan yang lebih besar dari keledai.

Menurut hadits dari Anas Ibnu Malik, Burok diterangkan sebagai hewan putih yang lebih tinggi dari keledai tetapi lebih rendah dari begal. Burok yang dibawa oleh Jibril membawa Nabi Muhammad sampai ke Baitul muqaddas dan Nabi Muhammad melakukan shalat dua rakaat di sana.

Nah, meski pada umumnya Buraq diartikan sebagai burung Cendrawasih atau Bird of Paradise, sebenarnya Burok adalah kilat. Burok adalah tunggangan tercepat karena tiap langkahnya sama dengan jarak pandang. Dalam gambaran Anas Ibnu Malik, Burok berbentuk seperti Pegasus yang sering ditemukan dalam karya seni Yunani, Romawi, dan Mesopotamia.

Jadi, sahabat, kita harus berterima kasih pada Burok yang membawa Nabi Muhammad sampai ke Baitul muqaddas dan membuat perjalanan Nabi Muhammad menjadi lebih cepat dan nyaman."

3. Anqa

Source Of Youtube : Hastagtv
Wahai saudaraku, kita membahas burung yang sangat misterius dan sangat ajaib, yaitu burung Anqa. Dalam kitab suci Islam, burung ini tercatat sebagai salah satu makhluk yang sangat ajaib dan memiliki keanehan yang luar biasa.

Nama burung ini pertama kali disebutkan dalam buku karya Zakaria Al qazwini yang berjudul "Ajaib Al-Makhluqat Wall Gaib Al-Maujudat". Dalam buku tersebut, burung ini dikatakan pernah hidup di zaman Nabi Hanzhalah dan umatnya yang menyembah berhala dan tidak taat kepada Allah. Nabi Hanzhalah berhasil membunuh burung ini dengan meminta pertolongan dari Allah.

Burung Anqa sering dibandingkan dengan burung Simurgh dari Persia dan Phoenix dari Mesir kuno. Menurut manuskrip kuno dari Timur Tengah, burung ini memiliki tubuh besar dan tinggal di gunung yang sangat tinggi. Saat terbang, burung ini mampu menutupi matahari dan membawa gajah dengan mudah berkat cakarnya yang kuat. Burung Anqa memiliki empat sayap, dua sayap panjang dan dua sayap pendek seperti leher unta. Seluruh tubuhnya ditutupi bulu-bulu yang berwarna-warni dan indah.

Menurut Al-Kisa'i, burung Anqa sering menangkap binatang mati seperti kuda, unta, gajah, dan lain-lain, lalu membawanya ke gunung tempat dia tinggal. Saat binatang itu menjadi membahayakan, burung Anqa juga suka menyambar anak manusia yang masih kecil dan memakannya. Hal ini membuat penduduk kota meminta bantuan kepada Nabi Hanzhalah. Nabi Hanzhalah berdoa kepada Allah untuk membinasakan burung Anqa dan memotong keturunannya. Setelah itu, burung itu jatuh dari langit dan terbakar bersama anak-anaknya hingga tak ada lagi wujudnya.

Saudaraku, inilah burung Anqa yang sangat ajaib dan misterius dalam mitologi Islam. Semoga kita dapat belajar lebih banyak tentang makhluk-makhluk ajaib lainnya yang ada di dunia ini. Wallahu A'lam.

4. Dajjal

Source Of Youtube : SobatAsik
Dajjal, Sosok yang menjadi pembicaraan hangat dalam dunia agama. Siapakah Dajjal sebenarnya? Banyak orang yang mempercayainya sebagai salah satu makhluk paling berbahaya yang akan hadir di hari kiamat. Dajjal memiliki kekuatan yang tidak dapat dibandingkan, bahkan Allah akan mengabulkan semua ucapannya. Sungguh tak terbayangkan apa yang akan terjadi jika ia memiliki banyak pengikut dan membunuh semua orang yang menentangnya. Tapi, jangan khawatir, Nabi Isa akan mematikannya.

Nabi Muhammad SAW memberikan peringatan yang sangat penting bagi para pengikutnya. Beliau mengingatkan untuk membaca dan menghafal 10 ayat pertama dari surat al-Kahfi sebagai pelindung dari Dajjal. Kita juga dianjurkan untuk berlindung di kota Madinah dan Mekkah, karena Dajjal tidak akan pernah bisa masuk ke dalam kedua kota tersebut. Selain itu, Rasulullah juga mengingatkan kita untuk selalu berdoa dan meminta perlindungan dari Allah dari bencana Dajjal.

Siapakah Dajjal sebenarnya? Bagaimana penampilannya? Ada beberapa ciri fisik yang dikenal sebagai ciri Dajjal. Ada yang mengatakan bahwa ia memiliki cacat pada mata kirinya, rambut keriting dan lebat, dan berkaki bengkok. Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa mata kanannya yang buta. Dajjal memiliki perawakan besar dan pendek, kulit merah, dan dadanya yang bidang. Hmm, teringat denga mitologi Yunani, ada kisah tentang makhluk bermata satu yang dikenal sebagai cyclops. Ya, cyclops adalah makhluk yang bertubuh raksasa dan memiliki satu mata.

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang Dajjal, sosok yang sangat ditakuti dan diperbincangkan dalam dunia agama. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta perlindungan dari Allah dari bencana Dajjal. Aamiin!

5. Yakjuj dan Makjuj

Source Of Youtube : AlManhaj
Halo teman-teman, bagaimana kabarmu hari ini? Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara mengenai dua bangsa yang sangat membuat banyak orang penasaran, yaitu Yakjuj dan Makjuj. Siapakah mereka sebenarnya?

Yakjuj dan Makjuj adalah dua bangsa yang memiliki kekuatan fisik yang luar biasa dan sangat haus akan kekuasaan. Mereka sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW dan terhalang oleh tembok yang dibangun oleh raja Zulkarnaen. Ada yang menganggap mereka sebagai manusia raksasa, namun mereka memiliki ciri khas yang berbeda dari manusia biasa, seperti muka yang lebar dan merah, kulit yang seperti perisai, dan hidung dan mata yang kecil.

Menurut hadis, Allah sudah memberitahukan kepada Nabi Isa tentang kemunculan Yakjuj dan Makjuj dan bahwa tidak ada yang mampu memerangi mereka. Namun, Nabi Isa diperintahkan untuk menjauhkan kaum mukminin dari jalan mereka dan berdoa kepada Allah untuk memohon pertolongan. Pada akhirnya, Yakjuj dan Makjuj tewas setelah diserang oleh ulat.

Dalam kekaisaran Romawi, Yakjuj dan Makjuj disebut sebagai Gog dan Magog. Menurut salah satu versi, mereka adalah raja-raja dari bangsa-bangsa jahat yang dikurung oleh Alexander. Dalam karya sastra turunan Romawi, mereka diceritakan sebagai bangsa pemangsa manusia.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Yakjuj dan Makjuj, bangsa yang memiliki kekuatan fisik yang luar biasa dan sangat haus akan kekuasaan. 

Kesimpulan

Wahai saudaraku, siapakah yang belum pernah mendengar tentang makhluk mitologi yang diterangkan dalam Alquran dan hadis? Mereka juga dikenal dalam kepercayaan agama lain. Sebagai umat Islam, kita harus memiliki keyakinan yang kuat akan keberadaan mereka, meskipun kita belum pernah melihat mereka dengan mata kepala kita sendiri.

Ini adalah hal yang sangat penting bagi kita sebagai umat Islam. Karena, keberadaan mereka adalah wujud dari janji Allah. Maka, kita harus meyakini bahwa mereka pasti ada dan suatu saat mereka akan muncul sesuai dengan rencana Allah.

Tentunya, hanya Allah yang tahu pasti apa yang sebenarnya terjadi. Kita sebagai umat manusia harus memiliki keyakinan dan iman yang kuat dalam tuhan kita, dan menerima apa yang telah diterangkan dalam Alquran dan hadis tanpa ragu-ragu.

Jangan khawatir, karena Allah pasti akan memberikan kepastian pada setiap umatNya di waktu yang tepat. Kita harus sabar dan mempercayai Allah, karena Allah selalu mengetahui yang terbaik untuk kita.

Saya berharap artikel ini bisa membantu kalian memahami lebih dalam mengenai mereka. Terima kasih sudah membaca!

*Referensi Artikel : PegawaiMuslim
5 Makhluk Mitologi Yang Berasal Dari Al Quran Dan Hadist
5 Makhluk Mitologi Yang Berasal Dari Al Quran Dan Hadist

Harga : *Belum termasuk Ongkos kirim
Pesan via whatsapp Pesan via Email
Tedbree Logo
Tasriadi Hanya Melayani Via Chat
Halo, Ada yang bisa kami bantu?
Kirim